PENDINGINAN GLOBAL?  

Diposting oleh Yumee




Saat ini pemanasan global menjadi masalah yang sedang gencar-gencarnya dibicarakan. Masalah ini memang sangat serius. Karena ini menyangkut tentang kelangsungan hidup kita di bumi. Pemanasan global adalah kejadian meningkatnya temperatur rata-rata atmosfer, laut dan daratan Bumi. Planet Bumi telah menghangat dan juga mendingin berkali-kali selama 4,65 milyar tahun sejarahnya. Pada saat ini, Bumi menghadapi pemanasan yang cepat, yang oleh para ilmuan dianggap disebabkan aktivitas manusia. Penyebab utama pemanasan ini adalah pembakaran bahan bakar fosil, seperti batu bara, minyak bumi, dan gas alam, yang melepas karbondioksida dan gas-gas lainnya yang dikenal sebagai gas rumah kaca ke atmosfer. Ketika atmosfer semakin kaya akan gas-gas rumah kaca ini, ia semakin menjadi insulator yang menahan lebih banyak panas dari Matahari yang dipancarkan ke Bumi.
Bila semakin banyak panas matahari yang tertahan di bumi. Alangkah panasnya bumi kita? Ditambah lagi dengan semakin banyaknya hutan yang ditebang. Itu membuat bumi kita semakin gersang karena semakin sedikit oksigen yang dapat diproduksi oleh daun-daun di hutan. Lalu akankah kita kuat hidup di bumi? Bila tidak kuat, kita harus hidup dimana?
Seperti yang terurai sebelumnya, pemanasan global kali ini disebabkan oleh aktivitas manusia. Maka kita jugalah yang harus bertanggung jawab atas protes alam yang merepotkan ini.
Apa yang bisa kita lakukan untuk mengembalikan bumi kita agar sejuk seperti dulu? Mungkinkah bila kita menyalakan semua alat pendingin yang kita punya bumi kita akan semakin dingin?
Jawabannya TIDAK. Hal itu justru akan membuat bumi kita semakin panas. Kalian tahu kan, kalau dalam pengoperasian alat pendingin tersebut kita membutuhkan listrik. Dalam produksi listrik kita harus menggunakan alat pembangkit yang juga mengeluarkan limbah panas, apalagi bila kita menggunakan PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap). Pembakaran yang menggunakan batu bara akan semakin sering terjadi.
Asal kalian tahu, proses pembangkitan listrik dengan metode apapun yang digunakan sampai saat ini sangat tidak efisien. Hanya sepertiga energi dari bahan bakar berhasil diubah menjadi listrik terpakai. Lainnya keluar dari cerobong-cerobong berupa asap. Ditambah lagi dengan listrik yang hilang selama perjalanan dari pembangkit listik ke rumah pengguna karena listrik tersebut berubah menjadi energi panas.
Kesimpulannya semakin banyak energi yang kita gunakan untuk mendinginkan bumi, maka semakin banyak panas yang dibuang ke lingkungan sekitar. Oleh karena itu, jika kamu ingin mendinginkan bumi, sebaiknya jangan gunakan alat pendingin.
Mungkin saat ini belum ada alat yang bisa mendinginkan dunia. Tapi bagaimanapun juga kita harus bisa mengubah bumi agar menjadi sejuk kembali. Sampai saat ini, solusi untuk mendinginkan dunia adalah dengan menghemat energi. Maka cobalah untuk selalu menghemat energi khususnya energi listrik yang kamu gunakan setiap hari. Bukan hanya untuk meringankan kerja pegawai PLN ataupun menghemat uang, tapi lebih dari itu untuk mempertahankan tempat tinggal bagi anak cucu kita.
Mendinginkan bumi tidak bisa dilakukan oleh satu orang saja. Maka, kami mengundang kamu untuk ikut memikirkan solusi bagaimana cara untuk membuat bumi kita sejuk kembali. Bagi kamu yang punya cara untuk mengurangi global warming silakan tulis usul kamu di kolom komentar atau di chat box ya…

This entry was posted on 20.56 . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

0 komentar